Skip to main content

Krisis Kepemimpinan + Harga BBM Naik = ….

Oleh:IksanHb

Apa kabar saudaraku semua , kalau sekarang kita melihat argumentasi wakil rakyat kita sepertinya tidak setuju dengan kenaikan BBM dan harga sembako. Setelah melihat beberapa ulasan dengan berbagai pengamat maupun media. Jelas membikin pemirsa TV atau pembaca koran menilai bahwa ada salah urus sangat besar dan tertipu dengan tangan-tangan jahil dalam pengaturan sumber daya alam kita. Opini kita atas persoalan naikknya harga BBM :

1.Pemerintah Indonesia adalah pembeli energy yang cukup besar di Asia dimana di tanggung oleh APBN kita. Tetapi kapan anda pernah melihat Pemerintah "berhasil" mengurangi anggarannya untuk menekan pemborosan operasional? Bagaimana pemerintah melakukan renegoisasi dengan perusahaan minyak besar, lobi-lobi dan bekerjasama dengan lembaga terkait ?

2.Tidak ada sebenarnya kehilafan oleh DPR atau agen pengaturan tentang perdagangan minnyak, dan jelas mereka tidak ingin kekhilafan yang mana pun karena urusan itu sangat rasional. Persoalannya bila itu terus menerus melakukan kesalahn maka itu sangat mungkin keresahan dan hipotek meltdown menunggu untuk terjadi akan lebih besar, akan menciptakan spikulan dan harga sangat tinggi untuk minnyak perbarrel.
3.Situasi sekarang dibandingkan dengan perusahaan minnyak yang mana diduga melakukan kecurangan dengan menguasai harga, dan akan tambah buruk, dan itu sama dengan buruknya orang atau lembaga yang menganiaya dan menyiksa terhadap orang yang tidak bersalah, bila dilakukan.

4.Setelah sulit menemukan kilang minyak dan menjualnya keperusahaan asing. Kampanye penggunaan bahan bakar yang tidak berpolusi dan menarik investasi terlalu besar dan tidak seimbang dengan BUMN. Sebab terlihat jelas bahwa dengan kapasitas kilang yang tidak cukup dan terbatas, menyimpan persediaan "atas" pemberian suplay dan kegilaan spekulator, oleh karena itu terus mendorong di atas harga setiap barrel. Juga menjaga harga agar tetap tinggi untuk penyuling sebab disana tidak kapasitas kelebihan. Dan juga,pernyataan dibuat bahwa perusahaan minyak kadang–kadang sulit untuk negoisasi dengan rakyat dalam proses membangun kilang. Kerjasama kita terlalu baik untuk mereka dengan tidak ada pembicaraan kelebihan secara terbuka. Kalaupun mereka bermain bola api kita tidak akan menuntut untuk dipadamkan tapi kita bisa menekan dengan aturan yang berlaku. Jika Mereka tetap akan mengancam, seharusnya DPR memainkan kartunya, tetapi apakah itu akan dilakukannya?
Presiden sebaiknya mempergunakan tekanan terhadap perusahaan minnyak untuk melihat realitas dan mengikuti aturan main yang ada untuk tidak menaikkan harga.

Presiden maupun para calon Presiden yang bermunculan sekarang sebaiknya menata fakta-fakta riel. Banyak rakyat bertanya, mereka melakukan apa?
Di mana adalah perundang-undangan kita? Jangan sampai terkesan hanya tipu-daya dari para spikulan yang bisa menguasai media dan melakukan lobi-lobi politik menjadi hal yang menghawatirkan. Bagaimana wakil rakyat melakukan negoisasai dan tekanan dengan perusahaan minnyak untuk lebih memperhatikan kepentingan umum di bandingkan untuk kepentingan pribadi dalam membangun kilang minyak baru. Mana tanggung jawab pimpinan untuk memecahkan masalah kelangkaan minnyak, bahkan akan menaikkan harga minnyak sedangkan pengangguran bertambah, harga semabko naik dan gaji masih rendah?

5.Semakin jelas kepada warganegara ini bahwa pers benar-benar perlu untuk menggali ke dalam situasi seluruh menejemen daerah Cadangan Minyak Tanah Strategis, kekeliruan pasar perdagangan, kapasitas kilang, dan manipulasi harga, bagi pemula.
Situasi ini memerlukan fokus pemantauan dengan fakta ditingkat nasional di tambah dengan fakta terus-menerus diserahkan tim audit dan di laporkan ke DPR untuk di sampaikan ke masyarakat.

6.Jangan sampai kehawatiran rakyat terhadap pejabat menjadi kenyataan bahwa pejabat membiarkan "Produsen Minyak Asing" yang tidak mempunyai "transparansi" terus berlangsung.

7.Sangatlah naif jika kita tidak mempunyai Pemilu legislative dan Pemilihan Presiden yang muncul di mana kita benar-benar bisa ikut kedalam persoalan ini...Di mana kebiadaban?
Yang mana di antara pers sejati benar-benar akan memulai penggalian kedalam situasi ini dan membuka fakta?Masih belum jelas apa harga minnyak perbarrel mengeluarkan riak-riak lewat ekonomi seluruh dunia dan rakyat Indonesia khususnya kelas bawah?

Kita akan berfikir apa yang akan terjadi bila harga minnya naik,harga sembako naik, pengannguran bertambah,kriminalitas merajalela dan situasi politik kacau menjelang Pemilu legislative dan Pemilihan presiden? Rakyatlah yang akan menetukan pilihannya!
Kita sebagai warga negara bisa mempergunakan pertolongan pers, blogger dan lain-lainnya untuk memulai mengungkap fakta-fakta dan membuat beberapa perubahan di dalam kebijakan energi khususnya masalah kenaikan harga BBM.

Comments

infogue said…
Artikel di Blog ini bagus dan berguna bagi para pembaca.Anda bisa lebih mempromosikan artikel anda di Infogue.com dan jadikan artikel anda topik yang terbaik bagi para pembaca di seluruh Indonesia.Telah tersedia plugin/widget.Kirim artikel dan vote yang terintegrasi dengan instalasi mudah dan singkat.Salam Blogger!!!

http://nasional.infogue.com/
http://nasional.infogue.com/krisis_kepemimpinan_harga_bbm_naik

Popular posts from this blog

Di Balik Pemikran Pendidikan John Dewey ( Bagian 1 )

D alam Tulisan ini mencoba untuk mengidentifikasi secara lebih jauh pemikiran John Dewey tentang pendidikan. Apa yang kita pahami, pemikiran pendidikan Dewey seiring dengan konsepsi filsafat eksperimentalisme yang dibangunnya melalui konsep dasar penmgalaman, pertumbuhan, eksperimen dan transaksi. Secara demikian Dewey juga melihat teori filsafatnya sebagai suatu teori umum tentang pendidikan dan melihat pendidikan sebagai laboran yang di dalamnya perbedaan-perbedaan filosofis menjadi konkrit dan harus diuji serta karena pendidikan dan filsafat saling membutuhkan. Terdapat dua kontribusi penting dari konsep pendidikan Dewey yakni, konsepsi baru tentang pendidikan sosial dan kesosialan pendidikan, serta memberikan bentuk dan substansi baru terhadap konsep pendidikan yang berfokust pada anak. ( Pendidikan, John Dewey, eksperimentalisme). Sebagaimana kita ketahui bahwa pendidikan pada dirinya sendiri bagaikan pedang bermata dua. Di satu sisi, ia memang memiliki daya dorong pada perubahan,

Pemikiran Filsafat John Dewey (Bagian 3: habis)

John Dewey dan Pendidikan Pembahasan di sini difokuskan pada John Dewey sebagai seorang pendidik, meskipun konsepsi pendidikan yang dirumuskannya sangat kental dengan pemikiran filosofisnya. Tidak dapat dipungkiri bahwa pemikiran-pemikiran Dewey banyak berpengaruh pada praktek pendidikan masakini. Seiring itu pula, pemikiran-pemikiran Dewey, banyak memperoleh tanggapan pro dan kontra dari berbagai kalangan. Bagi mereka yang pro, pemikiran Dewey merupakan penyelamat pendidikan Amerika. Sebaliknya, mereka yang tidak sepakat, gagasan Dewey disebutnya sebagai lebih rusak dari gagasan Hitler.John Dewey adalah seorang filsuf dan pendidik, yang lahir tahun 1859 dan meninggal tahun 1952. Sebagai seorang filsuf, aliran filosofinya diklasifikasikan dalam kategori. Pragmatisme, meskipun Dewey sendiri lebih sering menggunakan istilah instrumentalisme dan eksperimentalisme. Menurut Garforth (1996) filosofi pragmatisme sering diarahkan sebagai filosofi konsekuensi yang menggunakan hasil atau konseku

Penderitaan Rakyat Momentum Penyatuan Pergerakan Mahasiswa

Oleh : IksanHb Pergerakan solidaritas mahasiswa atas kedaulatan rakyat dalam memperjuangkan demokratisasi di Indonesia, ada dalam roh kekuatan suara rakyat. Satu filosis idiologi pergerakan rakyat adalah gerakan terorganiser lebih baik dari pada kekuatan individu yang berkuasa. Potensi yang bersumber dari riel kekuatan rakyat dan penyatuan pergerakan mahasiswa adalah sebuah kekuatan besar dalam menentukan sebuah pilihan. Gerakan mahasiswa di Indonesia adalah kegiatan kemahasiswaan yang ada di dalam maupun di luar perguruan tinggi yang dilakukan untuk meningkatkan kecakapan, intelektualitas dan kemampuan kepemimpinan para aktivis yang terlibat di dalamnya.Dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia, gerakan mahasiswa seringkali menjadi cikal bakal perjuangan nasional, seperti yang tampak dalam lembaran sejarah bangsa. (Wekipedia, Gerakan Mahasiswa Indonesia.) Gerakan mahasiswa diberbagai momentum dalam menciptakan sebuah perubahan dan pergantian pemimpin seperti yang terjadi di berbagai n