Skip to main content

Harapan dan Kemajuan Indonesia ( jilid I )

Oleh IksanHB
Saya yakin bahwa Indonesia dalam melakukan evolusi sosial saat ini pantas menerima kemajuan yang cukup berarti sekalipun tidak melakukan perubahan secara revolusi sebagaimana atas perubahan di segala bidang , perkembangan cepat seperti itu tidak lain atas kerja keras segenap rakyat Indonesia melakukan tindakan yang pantas untuk menjungjung tingi nilai- nilai kejujuran dan keadilan. Di sisi lain kemunduran atas terjadinya pasang surut yang menggenangi pada aspek social, politik, ketahanan dan keamanan berdampak pada kemajuan sektor kebutuhan dasar yang kurang baik, dan masih luasnnya wilayah domestik belum terjamah yang berakibat terhadap nilai tukar rupiah tidak setabil, kemudian cenderung mudah di pengaruhi oleh faktor luar.
Untuk menciptakan stabilitas dalam proses perubahan ini, apa yang harus kita lakukan? Pertama, menciptakan kondisi secara legislative untuk setiap kelompok dalam aktifitas rakyat terhadap kemajuan sivil society seperti (politisi, pejabat, hakim, perwakilan media, pelaku bisnis, pemuda dan mahasiswa dan lain-lainnya), kemandirian masyarakat atau masyarakat madani ketika mereka dapat sukses, bekerja lebih baik. Kemudian (bagaimana untuk melakukan itu?) berisi kerangka fikir dan versi kita untuk menciptakan seperti kondisi (instrumen transportasi sebagaiman banyaknya problem dalam system transportasi ) untuk politisi, pejabat, dan pelaku bisnis dapat secara langsung melakukan kontrak politik dan kerjasama dengan masyarakat. Kedua, tingkat perubahan secara gradual selama reformasi 10 tahun ini harus dilanjutkan pengawalan, monitor dan advokasi politik. Sesuai dengan, algoritma untuk memecahkan setiap problem masyarakat harus di ikuti : formulasi pemecahan masalah, kebulatan tekat atas tanggung jawap seseorang , diskusi didalam masyarakat, formulasi dan dukungan terhadap konsep reformasi saat ini dan yang akan datang. Ketiga, kekuatan politik dan negosiasi masyarakat dan penyelesaian yang cukup pada tingkat keinginan untuk perubhan dan membawa perubahan legislatif yang sesuai , setelah yang mana stabilitas perundang-undangan dan menyiapkan rancangan undang-undang yang sesuai dengan kebutuhan dalam proses reformasi. selama tingkat perubahan masih dalam proses maka perlu memperkuat UNDANG-UNDANG DASAR kita dan perundang undangan lainnya. Keempat, diperlukan kondisi sukses untuk tingkat yang di inginkan dalam perbaikan seperti masalah ekonomi, pendidikan, keamanan masyarakat dan politik harus dimulai dengan politikus dan pejabat karena dua kelompok ini sering menjadi pengganjal (sebagai kelompok elit sebagai pemimpin tim harus menunjukan contoh pada yang lain sebagai warganegara ) . Di dalam kasus setiap proses politik sering kali kita menggambarkan reformasi politik saat ini dapat kita lihat sebagaimana perubah dari sitem parlementer ke system presidensil seperti pemilihan presiden secara langsung dan pemilihan kepala daerah secara langsung dan lain-lain. Otonomi daerah bagian yang sangat strategis untuk menggali sumberdaya alam dan sumberdaya manusia untuk meningkatkan pendapatan dan kemandirian dalam pengelolaan setiap aspek yang mendorong pertumbuhan ekonomi. Poin ini untuk memastikan atas proses perubahan yang di inginkan oleh rakyat terhadap jalannya proyek perubahan , berdasarkan pandangan atau penilaian rakyat dan arah negara kesatuan dan kemajuan ekonomi dan kesejahteraan rakyat sebagaimana telah dilakukan oleh segenap lapisan masyarakat melalui lembaga politik. Mereka harus dapat diterima kebanyakan kekuatan politik diluar lembaga politik sebagaiman kelompok yang tertarik terhadap proses politik, misalnya tokoh politik diluar parlemen, LSM dll.

Comments

Popular posts from this blog

Gelombang Demokrasi Pilpres 2009 dan Pemimpin Negarawan

Oleh Iksan Hb Mencari sosok pemimpin negarawan bagaikan menambang emas di lumpur, ada satu hal yang paling menarik untuk di cari dengan akal sehat adalah kesederhanaan, kemauan, kemampuan, mempunyai prinsip dan berintegritas. Rakyat sudah terlatih dengan salah pilih dengan tidak ragu dan berbelit-belit dalam menentukan pilihannya, apakah itu karena kemauan sendiri atau ada yang mempengaruhi. Keinginan yang selalu ada dalam pikiran rakyat adalah mencari kesejahteraan, apakah mengoyak dari sisi sumberdayanya atau menunggu keterlibatan negara. Sosok pemimpin sering kali dijadikan dalil untuk berargumen, akan tetapi di lapangan berbeda bahwa sembako masih daya tarik dalam menentukan pilihan. Kepentingan diri sendiri mudah kita dapat disetiap level pemimpin, yang sulit adalah mencari sosok pemimpin yang tahu, mau dan mampu, larut dalam tugas-tanggung jawab pada kepentingan yang lebih besar (kepentingan pada yang kuasa atas kedaulatan rakyat). Tokoh Senayan sebagaimana pemain didalamny...

Transisi Demokrasi Indonesia dan Politik Internasional (1)

Oleh IksanHb Mengenal Indonesia dari luar negeri, ketika saya memperhatikan dan mengikuti proses politik di Amerika sejak tahun 2004 sampai 2009, dimana priode yang paling menarik dalam perpolitikan domestik Amerika maupun pilitik global. Dekade ini sering kali saya sebut dekade transisi demokrasi Amerika, karena tampilnya kekuatan minoritas dengan menggunakan kendaraan partai Demokrat , kemudian menghasilkan pemimpin dari kulit hitam, dimana sebelumnya belum pernah terjadi. Dengan opini public yang begitu kencang dan kontrofersial menambah situasi seakan ditengah revolusi sedang berjalan ditengah krisi global. Indonesia salah satu objek paling miring dalam situasi ini karena Obama yang pernah tinggal di Indonesia menjadi isu paling populer setelah isu Irak. Serangan dari kubu partai republic sering kali berbau SARA seperti dipertanyakan tetang setatus keagamaan Obama ketika di Indonesia, namun dengan serangan yang berbau SARA tersebut justru memperkuat posisi Obama . Menjadi ...

Elite, Media dan Pemilu 2009

Oleh IksanHb Pemilu 2009 akan dilihat dari proses sejarah sebagaimana dimulai pada kembalinya keadaan dramatik akan tekhnik, metode dan taktik politik nasional. Tahun ini, proses politik nasional telah kembali secara akrobatik sebagaimana hilangnya kekuatan elit dan Rakyat dimana akan menggunakan hak pilihnya kembali pada pemili 2009. Pelaksanaan dua pemilu, pemilu anggota legislatif dan pemilu presiden pada tahun 2009 “komunikasi masa“ biasanya menunjukkan sedikit bicara untuk sebagian besar jurnalistik dan media elektronik yang mana mereka mengontrol. Sekarang itu mungkin kembali ditemukan dalam media politik yang digunakan komunikasi masa , secara tidak sadar mempu menjatuhkan beberapa elit mereka, yang kemudian sering membikin objek geram terhadap mantan elit mereka. ...