Skip to main content

Konglomerasi Politik, Keseimbangan Kekuasaan dan Kedaulatan Rakyat

Oleh IksanHb

Seperti yang sering saya jelaskan dalam artikel sebelumnya tentang keseimbangan kekuasaan, keseimbangan ini sangat penting dalam sebuah negara besar seperti Indonesia. Kali ini saya ingin menekankan bahwa keseimbangan politik praktis dan memiliki keseimbangan kemampuan dalam kekuasaan tidaklah cukup.

Seperti yang terjadi diberbagai negara yang mempunyai cukup amunisi dan strategi dalam praktek ketata negaraan , seperti korea selatan dan beberapa negara eropa pada umumnya adalah keseimbangan kekuasaan dengan keterampilan yang tinggi sangat diperlukan untuk menjadi benteng atau bagian utama dalam keseimbangan people power dan pemerintahan yang kuat. Tanpa daya dari dalam , keterampilan, konstitusi yang kuat dan nasionalisme sebagai ruh sungguh sulit untuk dapat membuat perbedaan dalam sebuah masa dimana transisi demokrasi, politik dan kekuasaan dalam kekuatan bangsa besar yang berbineka tunggal ika.
Semua unsur yang secara pralel masuk pada peringkat atau index progress baik itu menyangkut demokrasi, ekonomi, moneter , korupsi dan HAM akan secara terkait dengan inovasi. Kecerdasan, kekuatan ,kejujuran dan nasionalisme adalah tiket yang paling mungkin diberikan untuk memimpin dari pada hanya mengandalkan kekuatan uang sebagai mesin politik untuk mempengaruhi rakyat. Transisi demokrasi dan kekuasaan tanpa memperhatikan pentingnya nalar inovasi sebuah negara sulit kiranya akan tumbuh, bahkan bersaing dengan kompetitif dunia.
Apa yang dilakukan oleh Founding Fathers kita adalah bagaimana mewujudkan kemerdekaan dengan keadilan ekonomi. Pendiri bangsa kita benar-benar memahami keseimbangan dan rasa keadilan sebagaimana ikut merasakan sakit apa yang dialami oleh rakyatnya, sehingga ide dasar gagasan tersebut bisa dimasukkan ke dalam konstitusi (UUD ‘45). Baru-baru ini upaya tokoh politik, pengamat dan universitas memberikan opininya tentang revitalitas konstitusi dalam perubahan posisi dan strategi lembaga-lembaga negara adalah sangat bagus, meskipun masih belum oktimal bahkan masih terlihat tumpang tindih. Warga negara Indonesia datang dalam satu suara untuk menegakkan konstitusi dan nasionalisme, bukan sebagai impian kosong akan tetapi sebuah perjuangan panjang untuk mewujudkan keadilan dan kesejahteraan.
Indonesia yang kaya akan sumberdaya alam dan sumber daya manusia telah mampu menangani kesulitan kebutuhan dasar, hilangnya kekayaan alam merupakan kenyataan yang sulit diperbaharui karena kerakusan manusia yang berkuasa. Paling ekstrim dalam opini saya bahwa ketergantungan kekuasaan pada eksplorasi alam akan menghancurkan sendi-sendi kebutuhan dasar manusia yang instan . Pandangan ini tentu akan berhadapan dengan konglomerasi politik bila terbuka untuk public, pandangan yang paling kiri sekalipun nilainya akan sama kecuali gerakan kanan yang mudah kompromi atas dasar keuntungan kekuasan dan keuntungan kelompok.
Bersama dengan segala macam perubahan dunia di sekitarnya, termasuk invasi asing yang pernah kita alami bahkan sampai sekarang. Saya khawatir bahwa kami datang sangat terlambat dalam membaca gejala ini dimana banyak yang kehilangan keseimbangan kekuasaan yang akan berdampak pada kekuatan nasional. Ancaman yang datang dari luar yang masuk melalui lobi-lobi politik sangat kita hawatirkan, apalagi banyaknya partai-partai yang masih mengandalkan populeritas seseorang menjadi bagian penting dalam merebut suara. "Kami Rakyat" merasa perlu meluruskan keserakahan konglomerat politik yang akhir-akhir ini telah bermain secara tidak jujur, apa yang menjadi dasar pijakan kita. Apa yang telah diajarkan di sekolah–sekolah dan di dalam kelompok masyarakat untuk tidak pernah memberikan pilihannya yang tidak sesuai dengan cita-cita luhur kemerdekaan, kini menjadi tidak jelas apa yang dilakukan kelompok pragmatis dan kelompok secara konsep lemah untuk tetap menang dan berkuasa.
Jika anda melihat ini dari perspektif keseimbangan kekuasaan, Anda dapat melihat dengan jelas bahwa transisi perubahan atau yang ngetren reformasi, menciptakan keseimbangan daya untuk " Rakyat Kami." Rakyat Indonesia! Jika hak anda untuk memikul senjata adalah suatu panggilan nasionalisme yang membara, kini warga negara Indonesia harus menikamati kemerdekaan itu bukan sebaliknya menambah beban penderitaa. Kita tidak pernah meminta pada negara akan tetapi kita sudah banting tulang untuk hidup sejahtera.
Pertanyaan saya, siapa pun yang sengaja ragu untuk berbuat adil dan jujur untuk memimpin rakyat. Hal ini karena adanya keseimbangan kekuasaan Indonesia yang sangat masih butuh menejemen yang efektif, inovasi dan transformative untuk memakmurkan rakyat. Kami hanya perlu melihat negara lain untuk melihat apa yang terjadi ketika kekuatan bergeser ke polisi dan mliter. Kami hanya perlu melihat Indonesia untuk melihat apa yang terjadi ketika kekuatan bergeser ke sipil--demokratis dan mempunyai system pertahanan yang kuat.
Termasuk bagian penting pula, dalam sebuah lembaga ekonomi yang kuat –korporasi, kebutuhan daya inovasi untuk membuat perbedaan dengan sebelumnya . Kebutuhan organisasi rakyat tentu menjadi sumber inspirasi dalam menyatukan kekuatan “one nation”. Ini adalah masalah keseimbangan yang barang kali perlu dikaji lebih jauh . Jika Anda memiliki pandangan lain dan gagasan lain mengenai hal ini, saya akan dengan senang hati mendengarnya.



Comments

IFDSJ said…
This comment has been removed by the author.
Anonymous said…
thanks kunjungannya Mas/Pak. Salam!

http://pencangkul.blogspot.com
Anonymous said…
wah masih dengan ciri khas postingan yang berat tapi mengena...

terus berkarya sobat !!

Popular posts from this blog

Di Balik Pemikran Pendidikan John Dewey ( Bagian 1 )

D alam Tulisan ini mencoba untuk mengidentifikasi secara lebih jauh pemikiran John Dewey tentang pendidikan. Apa yang kita pahami, pemikiran pendidikan Dewey seiring dengan konsepsi filsafat eksperimentalisme yang dibangunnya melalui konsep dasar penmgalaman, pertumbuhan, eksperimen dan transaksi. Secara demikian Dewey juga melihat teori filsafatnya sebagai suatu teori umum tentang pendidikan dan melihat pendidikan sebagai laboran yang di dalamnya perbedaan-perbedaan filosofis menjadi konkrit dan harus diuji serta karena pendidikan dan filsafat saling membutuhkan. Terdapat dua kontribusi penting dari konsep pendidikan Dewey yakni, konsepsi baru tentang pendidikan sosial dan kesosialan pendidikan, serta memberikan bentuk dan substansi baru terhadap konsep pendidikan yang berfokust pada anak. ( Pendidikan, John Dewey, eksperimentalisme). Sebagaimana kita ketahui bahwa pendidikan pada dirinya sendiri bagaikan pedang bermata dua. Di satu sisi, ia memang memiliki daya dorong pada perubahan,

Pemikiran Filsafat John Dewey (Bagian 3: habis)

John Dewey dan Pendidikan Pembahasan di sini difokuskan pada John Dewey sebagai seorang pendidik, meskipun konsepsi pendidikan yang dirumuskannya sangat kental dengan pemikiran filosofisnya. Tidak dapat dipungkiri bahwa pemikiran-pemikiran Dewey banyak berpengaruh pada praktek pendidikan masakini. Seiring itu pula, pemikiran-pemikiran Dewey, banyak memperoleh tanggapan pro dan kontra dari berbagai kalangan. Bagi mereka yang pro, pemikiran Dewey merupakan penyelamat pendidikan Amerika. Sebaliknya, mereka yang tidak sepakat, gagasan Dewey disebutnya sebagai lebih rusak dari gagasan Hitler.John Dewey adalah seorang filsuf dan pendidik, yang lahir tahun 1859 dan meninggal tahun 1952. Sebagai seorang filsuf, aliran filosofinya diklasifikasikan dalam kategori. Pragmatisme, meskipun Dewey sendiri lebih sering menggunakan istilah instrumentalisme dan eksperimentalisme. Menurut Garforth (1996) filosofi pragmatisme sering diarahkan sebagai filosofi konsekuensi yang menggunakan hasil atau konseku

Penderitaan Rakyat Momentum Penyatuan Pergerakan Mahasiswa

Oleh : IksanHb Pergerakan solidaritas mahasiswa atas kedaulatan rakyat dalam memperjuangkan demokratisasi di Indonesia, ada dalam roh kekuatan suara rakyat. Satu filosis idiologi pergerakan rakyat adalah gerakan terorganiser lebih baik dari pada kekuatan individu yang berkuasa. Potensi yang bersumber dari riel kekuatan rakyat dan penyatuan pergerakan mahasiswa adalah sebuah kekuatan besar dalam menentukan sebuah pilihan. Gerakan mahasiswa di Indonesia adalah kegiatan kemahasiswaan yang ada di dalam maupun di luar perguruan tinggi yang dilakukan untuk meningkatkan kecakapan, intelektualitas dan kemampuan kepemimpinan para aktivis yang terlibat di dalamnya.Dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia, gerakan mahasiswa seringkali menjadi cikal bakal perjuangan nasional, seperti yang tampak dalam lembaran sejarah bangsa. (Wekipedia, Gerakan Mahasiswa Indonesia.) Gerakan mahasiswa diberbagai momentum dalam menciptakan sebuah perubahan dan pergantian pemimpin seperti yang terjadi di berbagai n