Skip to main content

Dituduh Hina Merah Puti Dan " Nasionalisme Sejati Dhani"

Oleh IksanHb

Reaksi berlebihan yang dilakukan oleh Roy Suryo dan Istana itu terlalu emosional dan tidak mendidik, padahal Video klip Dewa 19 itu, menurut saya justru memberi ruang public untuk selalu menyatu pada pesan substansi nasionalisme, dengan tidak menghilangkan simbul Negara sebagai background fundamental.

Berbagai cara untuk menunjukkan bahwa mereka bagian kelompok yang menjunjung tinggi nasionalisme, kita harus melihat dari sisi filosofi dan jasmaninya dalam lahiriah media musik, bukan dengan dilihat sebelah mata. Sebaiknya jangan dilihat Video klip Dewa 19 dari kaca mata hitam putih –pasal perpasal, tapi lebih dari itu harus dilihat secara keseluruhan dari makna penyatuan logo dengan background bendera merah putih.
Dhani yang dianggap telah melecehkan simbol negara dan akan dilaporkan ke Mabes Polri, menurut saya, kurang dewasa Roy Suryo dalam menyikapi Video klip Dewa 19 berjudul 'Perempuan Paling Cantik di Negeriku Indonesia' kepihak kepolisian, apa lagi belum tahu persis apa yang dimaksut dari symbol tersebut.
Ada yang justru sangat menarik dan patut di cermati Dalam video klip itu, adalah bagaimana symbol dewa bersatu dengan simbol negara menjadi satu kekuatan nasionalisme. Yang juga sangat menarik adalah pengakuan dan pembumian Ibu pertiwi diungkapkan dalam judul 'Perempuan Paling Cantik di Negeriku Indonesia' sangat kaya akan makna. Kalau kita belajar banyak tentang tokoh-tokoh sufi , yang mana kita kenal dengan symbol –symbol penyatuan diri manusia dengan tuhannya dll.
Yang justru menghina bendera Merah Putih adalah Penguasa korup, tidak bertanggung jawab dan membuat kebijakan yang menimbulkan kemelaratan dan perpecahan rakyat Indonesia .
Penghakiman yang terkadang tidak melihat substansi dari objek masalah, justru akan berlawanan derngan semangat kemerdekan. Kita jangan mudah terjebak dengan pola-pola lama yang merugikan generasi muda yang sedang berkembang . Telematika hanya bagian kecil dari instrument ilmu pengetahuan, substansi dari instrument kemerdekan yang di lakukan Dhani lewat video klip itu juga sangat penting dalam penyatuan semangat nasionalisme untuk mewujudkankan kemerdekaan yang sesungguhnya.
Apakah Roy Suryo sudah berbicara langsung dengan Dhani? Kalau sudah Roy harus menyampaikan pada public, kalau belum, Roy harus bertemu langsung dengan Dhani, sehingga sama-sama mengerti dan bias menjadi pelajaran bersama. Apa yang menjadi reaksi Roy terhadap video klip yang mana bendera Dwi Warna ditempeli logo Dewa 19 berwarna biru, harus menjadi pelajaran buat kita, karena sering kali para pakar tekhnik tidak cocok dengan pakar sosial, apalagi Dhani mempunyai karakter music tersendiri dalam perkembangan music tanah air.
Ketajaman Dhani dalam mengemas musik dan symbol filosofinya , menjadi daya tarik tersendiri dalam kampanye nasionalisme lewat video klip nya berjudul 'Perempuan Paling Cantik di Negeriku Indonesia,' bukan sebaliknya ditanggapi secara emosional, kurang dewasa dan menunjukkan bahwa dirinya orang yang berkepentingan untuk melaporkan pada polisi. Lihat reaksi Roy Suryo di detik dibawah ini
"Selaku narasumber RUU Bendera, Bahasa, Lambang Negara dan Lagu Kebangsaan, saya merasa harus melaporkan hal ini. Mas Dhani kan sudah dewasa seharusnya tahu jangan melakukan hal itu," jelas Roy saat dihubungi detikhot lewat telepon, detik Rabu (26/11/2008).
Berbeda dengan apa yang samapaikan oleh kuasa hukumnya Dhani sebagaimana yang ditulis di detik Rabu, 26/11/2008 "Yang ada apresiasi dan penghargaan terhadap bendera merah putih. Mas Dhani itu nasionalis sejati, itu dibuktikan ketika dia dan Dewa konser di Aceh tanpa dibayar sepeserpun ketika Darurat Militer," tutur Samsul.
Menarik untuk dikaji lebih dalam kasus ini, symbol dan judul klip video tersebut sangat kaya akan makna . Mari kita lebih dewasa menyikapi video klip 'Perempuan Paling Cantik di Negeriku Indonesia' sehingga tidak mudah penghakiman diluar pengetahuan kita.



Comments

ichsandayat said…
ha2..kalo setahu saya, walaupun sebenarnya saya tidak patriotik banget, bendera itu merupakan hal yang sakral, dan setahu saya lagi, seingat saya, duluuu ketika SD dan SMP, dalam pelajaran kewarganegaraan sudah ditegaskan bahwa bendera tidak boleh diberi tulisan atau gambar yang lain. sekali lagi setahu dan seinget saya. nah, dalam kasus videonya mas Dani (he..kok gak sambung antara video dan lagunya) ini ketika melihat pertama kali video itu, saya langsung berasumsi bahwa backdrop panggungnya adalah bendera merah putih dengan gambar lambang dewa, pun ketika saya tanyakan ke teman saya(kan judulnya ada indonesianya, jadi orang pasti langsung kepikiran bendera!ya gak?)_ tapi kok sutradaranya ngeles ya...:p, padahal mas dani udah keceplosan kalo itu bentuk nasionalismenya dia...

nah..karena setahu saya memang ada pasal untuk mengatur kesakralan bendera itu, jadi wajar jika hal itu masuk bidang hukum, alih2 kalo lagunya tentang nasionalisme gitu, lha wong tentang cewek. memang kita katanya negara demokrasi, tapi kan tetep ada hukum yang mengatur cara hidup bernegara kita.

saya jadi ingat petuah dari al ustadz yang jadi gak populer gara2 poligami,,petuahya gini "..dan perubahan akan berhasil jika dimulai dari yang terkecil, dimulai dari diri sendiri, dan dilakukan sekarang juga.."(nyambung ga sama bahasannya..he2..disambung-sambungin aja)

Popular posts from this blog

Di Balik Pemikran Pendidikan John Dewey ( Bagian 1 )

D alam Tulisan ini mencoba untuk mengidentifikasi secara lebih jauh pemikiran John Dewey tentang pendidikan. Apa yang kita pahami, pemikiran pendidikan Dewey seiring dengan konsepsi filsafat eksperimentalisme yang dibangunnya melalui konsep dasar penmgalaman, pertumbuhan, eksperimen dan transaksi. Secara demikian Dewey juga melihat teori filsafatnya sebagai suatu teori umum tentang pendidikan dan melihat pendidikan sebagai laboran yang di dalamnya perbedaan-perbedaan filosofis menjadi konkrit dan harus diuji serta karena pendidikan dan filsafat saling membutuhkan. Terdapat dua kontribusi penting dari konsep pendidikan Dewey yakni, konsepsi baru tentang pendidikan sosial dan kesosialan pendidikan, serta memberikan bentuk dan substansi baru terhadap konsep pendidikan yang berfokust pada anak. ( Pendidikan, John Dewey, eksperimentalisme). Sebagaimana kita ketahui bahwa pendidikan pada dirinya sendiri bagaikan pedang bermata dua. Di satu sisi, ia memang memiliki daya dorong pada perubahan,

Pemikiran Filsafat John Dewey (Bagian 3: habis)

John Dewey dan Pendidikan Pembahasan di sini difokuskan pada John Dewey sebagai seorang pendidik, meskipun konsepsi pendidikan yang dirumuskannya sangat kental dengan pemikiran filosofisnya. Tidak dapat dipungkiri bahwa pemikiran-pemikiran Dewey banyak berpengaruh pada praktek pendidikan masakini. Seiring itu pula, pemikiran-pemikiran Dewey, banyak memperoleh tanggapan pro dan kontra dari berbagai kalangan. Bagi mereka yang pro, pemikiran Dewey merupakan penyelamat pendidikan Amerika. Sebaliknya, mereka yang tidak sepakat, gagasan Dewey disebutnya sebagai lebih rusak dari gagasan Hitler.John Dewey adalah seorang filsuf dan pendidik, yang lahir tahun 1859 dan meninggal tahun 1952. Sebagai seorang filsuf, aliran filosofinya diklasifikasikan dalam kategori. Pragmatisme, meskipun Dewey sendiri lebih sering menggunakan istilah instrumentalisme dan eksperimentalisme. Menurut Garforth (1996) filosofi pragmatisme sering diarahkan sebagai filosofi konsekuensi yang menggunakan hasil atau konseku

Penderitaan Rakyat Momentum Penyatuan Pergerakan Mahasiswa

Oleh : IksanHb Pergerakan solidaritas mahasiswa atas kedaulatan rakyat dalam memperjuangkan demokratisasi di Indonesia, ada dalam roh kekuatan suara rakyat. Satu filosis idiologi pergerakan rakyat adalah gerakan terorganiser lebih baik dari pada kekuatan individu yang berkuasa. Potensi yang bersumber dari riel kekuatan rakyat dan penyatuan pergerakan mahasiswa adalah sebuah kekuatan besar dalam menentukan sebuah pilihan. Gerakan mahasiswa di Indonesia adalah kegiatan kemahasiswaan yang ada di dalam maupun di luar perguruan tinggi yang dilakukan untuk meningkatkan kecakapan, intelektualitas dan kemampuan kepemimpinan para aktivis yang terlibat di dalamnya.Dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia, gerakan mahasiswa seringkali menjadi cikal bakal perjuangan nasional, seperti yang tampak dalam lembaran sejarah bangsa. (Wekipedia, Gerakan Mahasiswa Indonesia.) Gerakan mahasiswa diberbagai momentum dalam menciptakan sebuah perubahan dan pergantian pemimpin seperti yang terjadi di berbagai n